WISATA BUDAYA

Rafflesia Gadutensis Rekah Sempurna di Boven Lais

Laporan Denza Perdana | Minggu, 07 Januari 2018 | 16:31 WIB
Ilustrasi. Rafflesia Gadutensis. Foto: tempo.co
suarasurabaya.net - Rafflesia gadutensis salah satu jenis bunga langka mekar merekah sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, sekitar 70 kilometer dari Kota Bengkulu.

"Bunga sudah mekar sempurna memasuki hari kedua dan masih cantik untuk dinikmati," kata Riki Septian, Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, lansir Antara, Minggu (7/1/2018).

Wisatawan domestik, kata dia, sudah berdatangan untuk mengabadikan bunga tersebut sejak publik diperbolehkan melihatnya Sabtu (6/1/2018).

Mereka memasuki kawasan hutan di objek wisata air terjun Palak Siring Kemumu itu dengan bantuan pemandu supaya tidak sampai mengganggu habitat bunga.

"Pengunjung perlu dipandu karena berpotensi mengganggu tumbuhan inang atau calon bunga Rafflesia berbentuk bonggol," kata Riki.

Menurut dia lokasi bunga mekar dapat dijangkau dengan mudah, cukup dengan berjalan kaki selama lima menit ke dalam kawasan hutan lindung menyusuri tangga beton yang sudah tersedia.

Setelah masuk sejauh 100 meter menyusuri tangga beton, pengunjung diarahkan ke sisi kiri kawasan hutan untuk memasuki habitat bunga langka dilindungi itu.

"Pengunjung masih bisa menikmati keunikan bunga langka ini hingga tiga hari ke depan," ujarnya.

Hutan lindung Boven Lais adalah habitat tiga jenis Rafflesia. Selain Rafflesia gadutensis, di kawasan ini juga ditemukan Rafflesia arnoldii dan Rafflesia kemumu, jenis Rafflesia yang baru diidentifikasi di hutan Bengkulu.(ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.