WISATA BUDAYA

10 Oleh-oleh Khas Surabaya

Laporan AZ. Alim | Kamis, 09 Agustus 2012 | 11:30 WIB
suarasurabaya.net - Mudik ke kampung halaman, pastinya tak lepas dari acara berburu makanan khas. Buat yang mudik ke Surabaya, wah pastinya punya makanan favorit yang akan dikunjungi. Surabaya memang surganya pecinta kuliner, beragam makanan enak sering membuat kangen untuk menikmatinya kembali. Surabaya juga menyimpan makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh khas. Dinikmati bersama sanak-saudara, atau teman yang tak sempat mudik ke Surabaya oleh-oleh berikut ini sepertinya bisa mengobati kerinduan akan Kota Surabaya.

Abon Daging Sapi Padmosusastro
Oleh –oleh yang satu ini bisa jadi pilihan lauk ataupun cemilan. Rasanya gurih dan kaya aroma. Olahan dari serat halus daging sapi yang bernama abon bisa didapat di sepanjang jalan Padmosusastro. Di sini banyak sekali penjual abon, dan menariknya lagi Anda bisa langsung melihat proses pembuatan, karena penjual abon di kawasan ini ruang tamunya juga sekaligus berfungsi sebagai dapur. Abon yang sudah dikemas ini dijual dalam dua pilihan. Untuk berat satu ons harganya Rp 12 ribu. Sedangkan ukuran 250 gram dihargai Rp 29 ribu. Dengan dua pilihan rasa, manis dan pedas. Bu Sarti, salah seorang penjual menuturkan Di bulan puasa dan menjelang lebaran, abon dan serundengnya selalu laris manis, karena dijadikan oleh-oleh.

Sepanjang Jl. Padmosusastro

Kerupuk Kenjeran
}Inilah pusat oleh-oleh yang memiliki banyak varian, dan harganya lebih murah dibanding harga toko. Lokasinya di sepanjang pantai Kenjeran. Sebelum sampai ke lokasi wisata Pantai Kenjeran yang lama, pasti melewati pedagang kerupuk yang menempati di sisi jalan. Di sepanjang jalan ini, juga terlihat aktifitas masyarakat yang mengolah ikan laut, mulai menjemur, menggoreng dan memajang langsung dagangan mereka. Terung dan teripang adalah dua biota laut yang paling populer diolah menjadi kerupuk. Dijual dalam kemasan satu ons, harganya hanya Rp 12.000,-.

Pantai Kenjeran
Jl Sukolilo

Bikang Peneleh
Menyebut Jalan Peneleh, pasti teringat akan bikangnya. Di sini Anda bisa melihat langsung cara pembuatannya, dengan warna warni, bikang terlihat menarik, aromanya sangat harum. Anda bisa menikmati bikang hangat karena penjualnya membuat langsung bikang, sehingga pembeli bisa melihat sendiri prosesnya. Selain mengandalkan bikang, Juga memiliki kue lumpur. “Lumpur kami istimewa karena di dalamnya ada isinya,” terang si penjual.Kue Lumpur ini tersedia dengan berbagai isian seperti ayam, degan, duren dan kismis. Jajanan lain juga tersedia, seperti klepon, lupis, klenting, lumpia, risoles, bubur Madura. Semua jajan yang ada di pasar tradisional bisa didapatkan di sini. Jam opersionalnya, buka mulai pukul 6 pagi sampai 7 malam.

Jl Peneleh 32-34 Surabaya
Jl Peneleh 122

Siropen Telasih
Siropen Siroop mungkin menjadi salah satu alternatif yang bisa dijadikan oleh-oleh. Selain harga yang terjangkau yakni Rp 35 ribu. Anda juga bisa memilih rasa sesuai selera.Ada banyak rasa yang disediakan Siropen Siroop, yakni leci, cocopandan, jeruk kepruk dan lainnya. Dibuat dari gula asli dan tanpa pemanis buatan membuat Siropen Siroop aman dikonsumsi oleh segala macam usia dan aman untuk kesehatan.
Siropen Siroop didirikan pada tahun 1923 oleh JC. Van Drangelen pabrik Siropen Telasih merupakan pabrik siroop pertama di Indonesia. Beberapa kali pindah tangan, akhirnya pada tahun 2002 masuk PT Pabrik Es Wira Jatim.

Jalan Mliwis Nomor 5
Telp. 031-3521166







Kecap Cap Jeruk Pecel Tulen
Kecap yang satu ini sangat populer di kalangan pedagang makanan di Surabaya. Sebagian orang mengenalnya dengan sebutan kecap jeruk. Pabrik Kecap Cap Jeruk Pecel Tulen. Didirikan oleh Hwan Kieng Hien dan istrinya pada tahun 1937, usaha kecap ini semakin berkembang semenjak dikelola oleh generasi kedua, Hwan Hong Piek dan Hwang Hong Poen. Generasi kedua inilah yang mempelopori pemberian tagline, “Kita Tanggung Kalau Tidak Enak Boleh Kirim Kembali” Kini usaha ini ditangani oleh Handoko selaku generasi ke-3 dengan tetap mempertahankan resep serta bahan baku yang sama dari masa ke masa. Proses pembuatan kecapnya hingga saat ini masih menggunakan resep turun temurun keluarga. Dikenal sebagai kecap Madiun, tapi kecap ini sudah menjadi identitas kecap asal Surabaya.

Jl Sidonipah II/3-5 Simolawang,Simokerto
Telp. 031- 3713535 - 3719414.

Sirup dan Jenang Mangrove
Hasil hutan magrove ternyata bisa bisa diolah menjadi sirup, jenang dan kerupuk. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan yaitu Soneratia (bogem), bisa diolah untuk sirup dan jenang dodol.
Untuk jenang bogem, dikemas dengan pelepah pisang, yang unik harganya Rp 10 ribu. Sedangkan kemasan biasa, dengan isi yang sama harganya Rp 6 ribu. Yang harus dicoba lainnya, adalah sirup bogem. Bahan sirup ini juga diambil dari sari buah bogem. Untuk penyajianya, satu bagian sirup dicampur empat bagian air hangat. Boleh juga ditambahkan es batu. Rasanya benar-benar istimewa, campuran rasa manis berpadu dengan rasa asam yang dominan, malah memunculkan rasa segar berkepanjangan di tenggorokan. Selain itu, minuman unik khas pantai Timur ini kaya kandungan vitamin A,C, yodium dan anti oxidan.

Kelompok Tani Mangrove Wonorejo
Jl Soneratia 2 Rungkut
081 2300 33229

Guna-Guna Snack
Namanya terdengar unik, “Guna-Guna” terdengar ear cathcing dan menimbulkan rasa penasaran. Menyajikan beragam snack yang urban minded dengan harga terjangkau dan tetap mengutamakan kesehatan konsumen. Ada beberapa pilihan varian rasa keripik, seperti keripik kentang balado, keripik kentang manis pedas dan keripik buah naga (50 gr), Bakso Goreng, atau basreng (100 gr), samosa (150 gr) Didesain packaging yang stylish, cool, hygine, menarik dan praktis untuk dijadikan oleh-oleh.

F: GunaGunaSnack
Twitter : @gunaguna_snack
Telp : 081.334.8600.40









Frozzie Frozen Brownies
Kalau biasanya brownies dinikmati dalam bentuk "kue" yang dipotong-potong dan disajikan, kalau Frozzie dinikmati sebagai cemilan beku yang menggabungkan 3 sensasi dalam satu produk. Sensasi tekstur padat brownies Original Amerika, sensasi rasa coklat pekat dan bentuk single bar, sensasi dingin dari Ice cream.
Gabungan 3 Sensasi di atas menjadikan Frozzie Frozen brownies menghadirkan sensasi dingin bertekstur brownies dengan rasa coklat. Dengan varian, Premium Choco, Banana Cheese, Streusel Blueberry, Mix NuT. Untuk harga 1 pack (5bar) dibanderol Rp 33.000 harga ecer per bar (batang) adalah Rp 7.000. Meski tanpa bahan pengawet dan bahan adiftif, Frozzie tahan di luar freezer 10 hari dan di dalam freezer 3 bulan. Menurut Mega Siswindarto, pemiliknya, kadar gula dan cokat yang tinggi menjadikan pengawet yang alami.

Babatan Indah A2, no 9a Wiyung
Twitter: @frozzibrownies
F: Frozen brownie Frozzie
Telp. : 08563399240

Bunarendang
Menyasar segmen mahasiswa dan pekerja kantoran, Bunarendang ternyata sering dicari sebagai buah tangan karena kreasinya yang unik. Pemilik usaha ini adalah Rian Kurniawan, mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya) angkatan 2008. Ide menciptakan burger rendang ini kata Rian, karena ia melihat tingginya mobilitas mahasiswa dan para pekerja, sehingga terpikir untuk mengemas ulang rendang sehingga dapat dengan mudah dimakan. Bunarendang merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Dikemas seperti burger, Anda bisa menikmati dua tumpuk nasi dengan isian daging rendang di dalamnya sangat praktis. Dengan harga jual Rp 7.000 per pack.

Jl. Manyar Sambongan No.40
Sakinah Market Jl. Arief Rahman Hakim No.32
Alfamart Jl. Dukuh kupang barat No.35
Delivery Order: 031- 914 037 48

Spikoe Livana
Spiku yang satu ini juga pantas dijadikan oleh-oleh. Rasanya empuk dan nikmat. Menggunakan murni resep kuno sejak tahun 1967 serta tanpa bahan pengawet. Terdiri tiga lapis, untuk yang original dengan dua warna, yaitu kuning dan coklat. Disetiap lapisannya terdapat selai yang membuat citarasanya makin nikmat. Dengan packaging yang praktis, gampang dibawa untuk oleh-oleh. Harga satuan spiku ini Rp 28 ribu. Pilihan kue yang tersedia, Spiku Original, Spiku Kenari, Spiku Coklat Manis, Spiku Kismis, Spiku 4 Lapis, Roll Tart Pandan, Roll Tart Mocca.

Jl Mulyosari I No. 10-11, Surabaya Timur
Telp. 031 5998882 – 83

Naskah : Manda Roosa
Foto-foto: A. Kusnanto/M-Comm


Komentar Anda
Komentar 5
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Kebakaran Ketintang Timur PTT
Hendra Iswahyudi